Download Gratis Materi SMP/MTs

Download Ice Break Dalam Pembelajaran

Download Ice Break Dalam Pembelajaran
Pada saat mengikuti kegiatan pelatihan atau pembelajaran kadang-kadang peserta pelatihan merasa jenuh dengan penyajian yang disampaikan oleh fasilitator/guru. Di sinilah, seorang fasilitator (guru) harus dapat menyiasati keadaan agar suasana pelatihan/pembelajaran dapat cair.

Ice Breaker, ada yang menyebutnya dengan “Energizer” atau “Refocus”, merupakan teknik-teknik yang digunakan dalam suatu forum pelatihan, seminar, pertemuan, KBM, atau meeting untuk memecahkan kebekuan, kejenuhan yang terjadi dalam forum tersebut dan audien atau peserta kembali terkonsentrasikan.

Jika audien atau peserta terkonsentrasikan ke pembicara/trainer/guru, maka diharapkan audien/peserta akan bisa aware terhadap materi yang disampaikan pembicara atau trainer. Dengan demikian, peserta akan lebih mudah memahami program secara keseluruhan.

Ice Breaker juga sering disebut sebagai peralihan situasi dari yang membosankan, membuat mengantuk. Menjenuhkan, dan tegang menjadi rileksm, bersemangat, tidak membuat mengantuk. Serta ada perhatian dan ada rasa senang untuk mendengarkan atau melihat orang yang berbicara di depan kelas atau ruangan pertemuan.

Materi tayangan Ice Break ini, penulis peroleh dari berbagai pelatihan dan mohon maaf kepada para pemiliknya atas keberanian penulis untuk menyebarluaskan karyanya melalui situs pribadi ini, tidak ada maksud lain kecuali semata-mata hanya untuk kepentingan kemajuan pendidikan.

 Semoga bermanfaat dalam mencairkan suasana pembelajaran dikelas. :-)

Download Ice Break Dalam Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kg Amir